Jenis -Jenis Saham Dan Penjelasannya

Jenis- Jenis Saham
Hasil gambar untuk jenis jenis saham


Dalam pasar modal ada dua jenis saham yang paling umum dikenal oleh publik. Hak para pemegang saham ditentukan juga berdasarkan jenis saham yang mereka punya. Jenis- jenis saham menurut Irham Fahmi (2016:271) yaitu:
1)       Common Stock (saham biasa)
Common stock (saham biasa) adalah suatu surat berharga yang dijual oleh suatu perusahaan yang menjelaskan nilai nominal (rupiah, dolar, yen, dan sebagainya) di mana pemegang sahamnya diberi hak untuk mengikuti RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham) dan RUPSLB (Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa) serta berhak menentukan membeli right issue (penjualan saham terbatas) atau tidak, yang selanjutnya di akhir tahun akan memperoleh keuntungan dalam bentuk dividen.

Jenis –jenis saham biasa menurut Irham Fahmi (2016:272) :


a     Blue Chip-Stock (Saham Unggul), adalah saham dari perushaan yang dikenal secara nasional dan memiliki sejarah laba, pertumbuhan dan manajemen yang berkualitas.
b)      Growth Stock, adalah saham saham yang diharapkan memberikan pertumbuhan laba yang lebih tinggi dari rata-rata saham-saham lainnya, dan karenanya mempunyai PER yang tinggi.
c)      Defensive Stock (Saham-saham defensif) adalah saham yang cenderung lebih stabil dalam masa resesi atau perekonomian yang tidak menentu berkaitan dengan dividen, pendapatan, dan kinerja pasar.
d)     Cyclical Stock, adalah  sekuritas yang cenderung naik nilainya secara cepat saat ekonomi bagus dan jatuh juga secara cepat saat ekonomi lesu.
e)      Seasonal Stock, adalah perusahaan yang penjualannya bervariasi karena dampak musiman, misalnya karena cuaca dan liburan.
f)     Speculative Stock, adalah saham yang kondisinya memiliki tingkat spekulasi yang tinggi, yang kemungkinan tingkat pengembalian hasilnya adalah rendah atau negatif,
2)       Preferred Stock (Saham Preferen)
Preferred Stock (saham preferen) adalah surat berharga yang dijual oleh suatu perusahaan yang menjelaskan nilai nominal (rupiah, dolar, yen, dan sebagainnya) di mana pemegangnya akan memperoleh pendapatan tetap dalam bentuk dividen yang biasanya akan diterima setiap kuartal (tiga bulanan).

#potonganskrispsitriyanto2018
#UNIVERSITASPAKUAN

Comments

Popular posts from this blog

Pengertian Struktur Modal

Pengertian Leverage Dan Jenis-Jenis Rasio Laverage