Bahaya, Jangan Pernah Mematikan Laptop dengan Menekan Tombol Power

Image result for bad sector

    Menggunakan komputer harus sesuai dengan aturan karena dengan adanya prosedur atau aturan yang dibuat akan memudahkan sekaligus membuat komputer tetap dalam kondisi yang baik. Salah satu aturan yang dibuat adalah mematikan komputer dengan cara shutdown. Namun ada juga yang meremehkan hal ini padahal ada beberapa dampak yang pastinya akan membuat perangkat hardware mengalami masalah.
Kebiasaan buruk ini seharusnya segera dihentikan karena pada artikel kali ini akan menjelaskan berapa hal yang akan terjadi pada komputer anda.

Apa itu Bad Sector??

Saya hanya paham bahwa bad sector itu adalah kerusakan pada hardisk dimana ada bagian hardisk yang rusak baik itu logical atau fisiknya. Error pada hardisk terbagi menjadi dua yaitu rusak fisik dan logical (kekeliruan oleh OS). Nah,, kekeliruan oleh OS (operating system) atau kerusakan logical ini kita masih bisa berharap untuk menyelamatkannya. S

Apa tanda-tanda sebuah hardisk mengalami bad sector?


Tanda-tanda yang bisa mencirikan sebuah hardisk terjangkit bad sector adalah seringnya crash (blue screen), Hardisk lama bereaksi saat mengakses folder, komputer sangat lambat apabila mengeksekusi suatu perintah dari user, dan terdapat bunyi-bunyi tak beraturan di sekitar hardisk. Tanda yang paling gampang adalah seringnya laptop not responding dalam jangka waktu yang lama. Hal  ini menandakan bahwa OS membutuhkan waktu yang lama untuk membaca file atau program yang tersimpan di hasrdisk dikarenakan adanya suatu bad sector.

5 Hal ini akan terjadi bila mematikan komputer tidak sesuai prosedur

1. Masalah power supply – Menggunakan perintah shutdown pada komputer akan jauh lebih baik dibandingkan mematikan secara paksa sebab akan menimbulkan masalah karena arus akan terputus secara mendadak atau langsung. Namun bila proses yang dilakukan benar maka prosesor akan memberikan perintah kepada bios untuk mematikan segala aktivitas hardware terutama pada power supply sehingga daya akan terputus normal.
2. Processor bisa mengalami kerusakan – Saat komputer dimatikan proses kerja pendingin pada prosesor yang berbentuk kipas atau sering disebut heatsink akan meningkat untuk mendinginkan prosesor. Tetapi bila yang dilakukan dengan paksa maka proses pendinginan tidak akan optimal sehingga bisa membuat kerusakan pada processor.
3. ram yang akan mengalami kerusakan – Mematikan ram secara paksa ternyata menimbulkan masalah lain seperti ram yang akan rusak. Hal ini karena saat komputer dimatikan langsung banyak sistem yang masih berjalan sehingga memori tidak fres saat kembali digunakan.
4. Harddisk akan mengalami bad sector – Kerusakan yang sering terjadi apabila mematikan komputer secara langsung adalah harddisk yang akan mengalami bad sector. Karena mematikan ppaksa saat harddisk masih berjalan akan membuat piringan yang sedang manjalankan prosesnya akan mati secara mendadak.
5. Registry Menjadi Berantakan – Mematikan komputer secara langsung atau paksa akan mengalami masalah seperti Registry Menjadi Berantakan sehingga software dan data yang dipakai mengalami tidak tersimpannya registry kembali.


maka dari itu teman-teman jangan pernah lagi menkan tombol power untuk mematikan laptop,karena dengan kebiasaan menekan tombol power utuk mematikan laptop akan menyebabkan laptop mengalami bad sector. 

Comments

Popular posts from this blog

Jenis -Jenis Saham Dan Penjelasannya

Pengertian Struktur Modal

Pengertian Leverage Dan Jenis-Jenis Rasio Laverage